8 Ciri Ciri Penipuan Lowongan Kerja yang Perlu Anda Waspadai - Lowongan Kerja Cpns Bumn April 2018 8 Ciri Ciri Penipuan Lowongan Kerja yang Perlu Anda Waspadai

8 Ciri Ciri Penipuan Lowongan Kerja yang Perlu Anda Waspadai

ARTIKEL - Di era teknolgi informasi ini, kebutuhan akan informasi seperti sudah tidak bisa pisahkan lagi dalam kehidupan sehari-hari. Banyak hal yang dapat diakses melalui jaringan internet untuk mendapatkan sebuah informasi. Salah satunya adalah informasi lowongan pekerjaan. Apalagi saat sedang musim wisuda, tentu kebutuhan akan informasi lowongan kerja semakin meningkat. Tak heran jika banyak sekali situs-situs penyedia lowongan kerja yang muncul setiap harinya. Namun sebaiknya perlu Anda waspadai, karena tidak sedikit pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini untuk melakukan modus penipuan. Seperti apa modusnya ?

Berikut adalah 8 Ciri ciri penipuan lowongan kerja yang perlu Anda Waspadai

1.Nama Email
Email yang digunakan dalam modus penipuan biasanya menggunakan hosting/domain free alias gratis seperti @gmail, @yahoo, @asia, atau @outlook. Hal tersebut perlu Anda waspadai, karena perusahaan besar apalagi sekelas BUMN tidak pernah menggunakan hosting/domain free terkait proses rekrutmen.

Contoh alamat email palsu (email penipuan) :
Telkom.rekrutmen.z@gmail.com
Rekrutmen.pertamina@yahoo.com
Adaro.recruitment@asia.com, dll

2.Website Perusahaan
Tidak kekurangan akal, terkadang penipuan juga melakukan duplikasi website dengan cara membuat tiruan web yang dibuat mirip seperti website aslinya. Tentunya dengan manggunakan alamat domain yang dibuat hampir mirip dengan aslinya.

Contoh alamat domain palsu (domain penipuan):
Telkom1.blogspot.com
Toyota-recruit.info
dll

3.Iklan Melalui SMS
Penipuan juga terkadang memanfaatkan sms dalam operasinya. Penipu akan membroadcast informasi lowongan kerja lewat sms. Perlu Anda ketahui bahwa perusahaan besar tidak pernah menyebarkan informasi lowongan kerja melalui sms. Jika Anda mendaatkan informasi yang mengatasnamakan perusahaan tertentu melalui sms sebaiknya Anda abaikan saja.

4.Alamat yang Dicantumkan Fiktif
Penipupuan pada lowongan kerja bisanya juga mencantumkan alamat fiktif pada undangan seleksinya. Anda sebaiknya kroscek dengan alamat perusahaan yang asli.

5.Nama Penanggung jawab
Untuk meyakinkan si calon korban, penipu juga turut mencantumkan nama penanggung jawab atau officer dalam pengumuman seleksi tersebut. Bahkan penipu membubuhkan tanda tangan yang dibuat semirip mungkin terkadang juga penipu menggunakan scanner pada bagian tersebut. Bagi Anda yang tidak berhati-hati tentu akan bilang ini adalah lowongan asli, padahal ini adalah jebakan untuk meyakinkan Anda.

8 Ciri Ciri Penipuan Lowongan Kerja yang Perlu Anda Waspadai
Pencantuman Officer untuk meyakinkan Pelamar

Dilain sisi juga terkadang pelaku akan mencantumkan halaman “pakta integritas”, yang lagi-lagi dibuat untuk meyakinkan hati si calon kroban bahwa panggilan tes tersebut adalah asli, padahal palsu.
8 Ciri Ciri Penipuan Lowongan Kerja yang Perlu Anda Waspadai
Pakta Interitas Palsu


6.Nomor Kontak
Tak kekurangan akal, nomor kontak yang dicantumkan pun juga dibuat mirip dengan nomor perusahaan atau dengan nomor cantik untuk meyakinkan si korban. Sebaiknya anda cek nomor kontak yang dicantumkan dalam lowongan/undangan tes tersebut dengan melihat informasi kontak di website resmi perusahaan.

7.Format Bahasa
Pengumuman atau undangan tes yang dikirimkan dari email penipuan lowongan kerja biasanya menggunakan bahasa yang tidak memenuhi kaidah tata bahasa, tidak standar, dan terkesan aneh saat dibaca. Biasanya dalam surat panggilan palsu tersebut terdapat kesalahan dalam pengetikan atau juga terdapat penggunaan kata yang tidak tepat. Terkadang pula menggunakan kata-kata yang terkesan “muluk-muluk” untuk merayu si calon korban. Hal tersebut patut anda curigai. 

8.Meminta sejumlah biaya

8 Ciri Ciri Penipuan Lowongan Kerja yang Perlu Anda Waspadai
Penggunaan Travel Fiktif

Inilah yang menjadi titik kontras apakah lowongan kerja tersebut dapat dikatakan asli atau palsu. Lowongan kerja palsu akan meminta sejumlah uang kepada pelamarnya dengan alasan untuk kebutuhan rekrutmen seperti biaya training, biaya travel, biaya akomodasi hotel, dan lain sebagainya. Ini sudah sangat jelas bentuk penipuan.

Ada 2 logika kenapa hal ini bisa dikatakan penipuan:
Logika 1: Kita yang butuh kerjaan untuk mendapatkan uang, tapi kenapa malah kita yang disuruh untuk megelurakan uang ? Bukanya untung malah rugi.
Logika 2: Jika perusahaan mau mengganti rugi terkait proses rekrutmen, tentunya perusahaan akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Misal:
Jumlah peserta : 80 orang
Biaya ganti per peserta : Rp 2.000.000
Total biaya yang ditanggung perusahaan : 80 x 2.000.000 = 160.000.000
Sangat TIDAK LOGIS ketika peruhsaan membutuhkan karyawan namun mengeluarkan uang hanya untuk mengganti biaya akomodasi peserta yang belum tentu diterimanya.

Banyak hal yang sering dilakukan pelaku untuk menipu calon korbannya. Terkadang memanfaatkan situasi psikologi si korban hingga tidak sadar si korban telah tertipu.
Jadi skemanya seperti ini :
a).Si Pelaku mengirimkan undangan tes ke email calon korban
b).Pelaku menghubungi korban dan memberitahukan untuk mengecek email terkait undangan seleksi perusahaan x.
c).Saat calon korban telah membuka email, didalam email tersebut si calon korban diharuskan untuk melakukan transfer dengan pihak travel yang telah ditunjuk oleh perusahaan x. Dan untuk meyakinkan si calon korban, pelaku juga menjanjikan bahwa biaya transfer nanti akan ditanggung oleh perusahaan x atau dikembalikan . 

Catatan: Korban hanya diberikan waktu beberapa jam, jika tidak maka akan dicoret dari daftar peserta tes seleksi. Inilah titik kelemahan psikologis yang coba dimanfaatkan oleh penipu. 

Misal :
-Anda melamar pada tanggal 12 Mei 2016
-Kemudian . Anda akan dihubungi oleh si pelaku pada tanggal 14 Mei jam 13.00 untuk membuka email karena Anda dinyatkan lolos seleksi administrasi. 
-Pada saat membuka email Anda akan menemui informasi bahwa Anda diharuskan melakukan konfirmasi hingga batas waktu pukul 17.00, namun sebelumnya anda di haruskan mentransfer biaya akomodasi/perjalanan ke nomor rekening travel yang telah ditunjuk oleh perusahaan X.
8 Ciri Ciri Penipuan Lowongan Kerja yang Perlu Anda Waspadai
Pemberitahuan Palsu

Dengan beberapa ciri diatas, kami harapkan kepada anda semua untuk berhati-hati tehadap segala tindak penipuan. Yang  terpenting adalah selalu cek informasi melalui website resmi perusahaan yang ingin anda lamar. Dan juga pastikan setiap melamar pekerjaan apapun itu , anda tidak melakukan transfer untuk kebutuhan yang tidak masuk akal seperti yang telah dijelaskan di atas. Semoga informasi ini bermanfaat. Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: