Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Tes PT.Telekomunikasi Indonesia Terbaru 2016

Lokernas.com - Ada beberapa dari anda yang mungkin sudah pernah mengikuti tes dalam proses rekrutmen calon karyawan  PT.Telekomunikasi Indonesia. Memang setiap tahunnya, pelamar yang melamar tidak pernah surut. Selain sebagai BUMN yang mempunyai nama prestis, PT.Telekomunikasi Indonesia juga memiliki jaminan karir yang menjanjikan. Tak pelak banyak yang mungkin salah satu dari anda ingin bergabung dengan BUMN satu ini. Namun perlu anda ketahui, bahwa ada beberapa tahapan dalam tes seleksi rekrutmen PT.Telekomunikasi Indonesia. Salah satunya adalah seleksi Tahap 1 (Online Assesment).
contoh-soal-tes-pt-telekomunikasi-indonesia
Gambar milik telkom.co.id
Dalam proses tahap 1 ini, pelemar diujikan beberapa materi tes antara lain GENERAL COGNITIVE ABILITY TEST (durasi tes 90 menit), ENGLISH ABILITY TEST (durasi tes 105 menit), KNOWLEDGE & TELKOM WAY ASSESSMENT (durasi tes 90). Ketiga meteri tes tersebut diujikan secara online di hari yang berbeda tentunya. Nah, lantas seperti apakah meteri tes yang diujikan. 

Berikut ini adalah beberapa informasi mengenai materi soal yang biasa diujikan dalam proses rekrutmen PT.Telekomunikasi Indonesia :

1.    GENERAL COGNITIVE ABILITY TEST
Pada materi ini, soal yang diujikan adalah untuk mengetes kemampuan kognitif anda. Dalam tes ini juga dibagi ke dalam beberapa bagian yang meliputi :

a.Bagian I : Tes Verbal
Pada bagian pertama, anda akan diminta untuk memilih 1 kata yang paling tepat dari 5 kemungkinan jawaban untuk melengkapai kata dalam kotak. Setiap pertanyaan terdapat 4 kotak, dimana kotak yang terisi hanya 3 dan terdapat 1 kotak berisi tanda tanya. Nah, Anda harus lengkapi kotak yang terdapat tanda tanya dengan memilih jawaban yang memiliki hubungan serupa dengan ketiga kata dalam kotak tersebut.
Contoh :
Muda
Lemah
  ?
Tua
a.    Kuat      c.Tepat    d. Tinggi
b.    Cepat     d. Tulen
Dalam contoh diatas, “Muda” dan “Tua” merupakan sepasang kata yang memilki arti yang berlawanan (antonim), sehingga  kata yang tepat  untuk mengisi kotak kosong yang memliki arti berlawanan dengan “Lemah” adalah “Kuat”. Sehingga pilihlah jawaban a.Kuat.

b. Bagian II : Deret Angka
Pada bagian kedua, anda diminta melengkapi deret angka dalam beberapa kotak. Dari beberapa kotak tersebut, terdepat kotak yang kosong yang harus anda isi. Dari 5 jawaban, pilihlah jawaban yang tepat untuk mengisi kotak kosong pada deret angka tersebut. 
Contoh :


3
6
?
12
a.7           c.9       e.11
b.8          d.10

Dalam contoh soal di atas, terdapat deret angka dimana bila anda cermati deret tersebut merupakan deret angka dengan selisih 3. Sehingga jawaban yang tepat untuk mengisi kotak yang ksosng adalah c.9.

c. Bagian III : Daya Bayang Ruang
Pada Bagian III ini, anda diminta untuk memilih jawaban yang tepat terkait sebuah pola yang apabila dilipat membentuk sebuah kubus. Untuk lebih jelasnya simak contoh berikut .
Contoh :

Pada soal di atas, kubus yang sesuai dengan pola tersebut adalah E. Karena dalam pola tersebut, sisi kanan adalah kotak berwarna puith, sisi kiri adalah kotak berwarna merah, dan sisi atas adalah kotak berwarna merah. Dan apabila pola tersebut dilipat menjadi kubus maka akan membentuk kubus e.


2.ENGLISH ABILITY TEST
Pada materi English Ability Test ini, anda akan diuji perihal kemampuan bahasa inggris anda.
Waktu pengerjaan dalam tes ini adalah 105 menit. English Ability Test dibagi dalam
beberapa section :

a.Reading & Sentence Completion (25 pertanyaan)
Pada bagian ini anda diminta melengkapi kalimat dengan memilih kata yang sesuai pada jawaban yang tersedia.
Contoh :

The Lecture regarded the student’s theory with __________ considering the overall idea creative, but the logic behind the specificdetails unsound.
(a)    Consternation
(b)    Deliberation
(c)    Indifference
(d)    Condescension
(e)    Ambivalence
Answer  : (e).Ambivalence

b.Grammar (25 pertanyaan)
Pada bagian ini, anda diminta menganalisis sebuah kalimat dalam bahasa inggris. Dalam analisis tersebut ada 2 kemungkinan ; 1) Apabila terdapat kata yang tidak sesuai dalam kalimat soal, maka pilihlah kata yang tidak sesuai tersebut sebagai jawabanya , 2) Apabila tidak terdapat kesalahan dalam kalimat artinya kalimat tersebut sudah benar, maka pilihlah jawaban “no error”.
Contoh:


To entice companies, Skype has partenered with Avaya, a major seller of corporate
       A                                                  B
phonesystems, to get his bundle of products to businesses that use Internet-based
                                              C                                                                      D
systems. No error
                            E
Answer : C. his

c.Grammar Check (25 pertanyaan)
Pada tes Grammar check ini, masih berhubungan dengan grammar. Anda diminta memilih jawaban yang secara grammar benar.
Contoh :

The term "support staff" is often used to describe employees that perform lower-level task but also are providing essential administrative duties for executive-level managers.

(A) that perform lower-level tasks but also are providing
(B) performing lower-level tasks but also providing
(C) who perform lower-level tasks, but also providing
(D) that performs lower-level task but also provide
(E) who perform lower-level tasks but also provide

Answer : E

d.Critical Analysis (25 pertanyaan)
Pada bagian critical analysis ini, anda diminta memilih jawaban sesuai yang sesuai dengan soal . Biasanya disajikan soal cerita pendek atau narasi pendek, kemudian anda diminta menganalisis soal tersebut dengan memilih jawaban yang tersedia.


3.KNOWLEDGE & TELKOM WAY ASSESSMENT
Pada bagian tes ini, terdapat 3 subtest antara lain :

a.Bagian I : Knowledge
Pada bagian sub test I, anda akan diberikan 45 soal mengenai uji wawasan atau knowledge.
Contoh :
Kemampuan menyelesaikan tugas bisnis dengan cepat sehingga sasaran segera tercepai disebut ...
(A)Analisis Kinerja (Performance)
(B)Analisis Informasi (Information)
(C)Analisis Ekonomi
(D)Analisis Layanan (Service)
(E)Analisis Keamanan (Security)
Jawaban : A. Analisis Kinerja (Performance)

b.Bagian II : Telkom Way Assesment I
Pada bagian ini terdapat pernyataan-pernyataaan perilaku. Anda diminta untuk memilih tingkat kepentingan dari pernyataan tersebut. Pilihla jawaban sesuai dengan keadaan anda.

c.Bagian III : Telkom Way Assesment II
Pada bagian sub test ini, soal yang diujikan hampir sama dengan bagian II. Perbedaannya hanya pada parameter jawabanya. Jadi jawablah sesuai dengan keadaan anda.

Perlu digaris bawahi kepada pembaca artikel ini, bahwa informasi di atas hanya bersifat gambaran mengenai  soal yang diujikan, dan contoh yang diberikan pada artikel ini bukan merupakan soal asli yang diujikan mengingat akan ada konsekuensi hukum bila peserta menyebarkan soal. Namun kurang lebih soal yang diujikan seperti yang telah jelaskan pada artikel ini.
Sekian informasi dari lokernas. Semoga bermanfaat.