Pendaftaran Nusantara Sehat Tahun 2017

Daftar Isi
Lokernas.com-informasi lowongan kerja kali ini bersumber dari Kemeneterian Kesehatan Republik Indonesia. Dimana Kemenkes kembali membuka pendaftaran Nusantara Sehat. Terdapat beberapa formasi yang dibutuhkan seperti dokter, dokter gigi, perawat dan tenaga kesehatan lainnya. Namun sebelum anda menyimak info lowongan kerja ini lebih lanjut, ada baiknya anda terlebih dahulu menyimak mengenai Progra Nusantara Sehat berikut ini.

Nusantara Sehat merupakan sebuah program yang dicanangkan dan dilaksanakan dibawah naungan Kementerian Kesehatan RI. Program ini merupakan wujud dari pemerataan pelayanan kesehatan untuk seluruh masyarakat Indonesia khususnya di daerah-daerah. Hal ini menjadi perhatian pemerintah khususnya Kementerian Kesehatan. Karena setiap warga negera berhak atas layanan kesehatan. Maka dari itu upaya Kementerian Kesehatan melalui program nusantara sehat ini diharapkan mampu mewujudkan pelayanan kesehatan yang merata.

Selain itu, kebijakan dari Kementerian Kesehatan (periode 2015-2019) yang memprioritaskan penguatan kesehatan primer juga menjadi acuan adanya program Nusantara Sehat ini. Mengingat masih tingginya angka kematian pada ibu hamil, gizi buruk pada anak, serta fasilitas kesehatan yang belum memadai tentunya menjadi pokok permasalahan yang perlu segera diatasi. Salah satunya melalui program Nusantara Sehat ini. Program yang merangkul seluruh tenaga kesehatan untuk berpartisipasi mulai dari dokter, perawat, bidan hingga tenaga kesehatan lainya tentu diharapkan mampu menjadi tonggak peningkatan kualitas kesehatan di Indonesia.  

Dalam implementasinya, program Nusantara Sehat ini terdiri dari beberapa tahap. Pertama adalah tahap rekrutmen. Tahap rekrutmen dilakukan guna menjaring pendaftar yang memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan. Rekrutmen dilaksanakan dibeberapa kota di Indonesia. Tahapan rekrutmen ini meliputi seleksi administrasi, psikologi, fgd, dan wawancara. Kemudian setelah dilakukan tahap rekrutmen, peserta yang dinyatakan lolos kemudian akan diberikan pembekalan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi peserta yang mengikuti program Nusantara Sehat. Setelah dilakukan pembekalan, peserta kemudian ditempatkan di masing-masing tempat pelayanan kesehatan seperti Puskesmas yang lokasinya terpencil. Setelah dilakukan penempatan, kemudian dilakukan tahap pemantauan dan evaluasi. Keseluruhan tahapan ini merupakan satu kesatuan yang menjadi kunci pokok kesuksesan dalam penyelengaraan program Nusantara Sehat.

Pada tahun 2016, program Nusantara sehat telah berhasil diselenggarakan melalui 2 tahapan periode. Dimana pada Periode 1 program ini telah berhasil memberangkatkan 630 peserta ke 70 puskesmas. Kemudian pada Periode II telah berhasil memberangkatkan 540 peserta ke 60 puskesmas. Dengan capaian yang baik ini, program Nusantara  Sehat diharapkan mampu memberikan manfaat kepada seluruh masyarakat  Indonesia.


Pendaftaran Nusantaran Sehat Tahun 2017

Pada akhir tahun ini, Kementerian Kesehatan kembali membuka pendaftaran Nusantara Sehat untuk Periode 1 tahun 2017. Dengan rincian sebagai berikut :

Formasi yang dibutuhkan:
  1. Dokter
  2. Dokter Gigi
  3. Perawat
  4. Bidan
  5. Tenaga Kesehatan Masyarakat
  6. Tenaga Kesehatan Lingkungan
  7. Tenaga Kefarmasian
  8. Tenaga Gizi
  9. Ahli Teknologi Laboratorium

Persyaratan Pendaftar:
  • WNI
  • Usia pelamar maksimal 35 tahun untuk posisi dokter dan dokter gigi
  • Usia pelamar maksimal 30 tahun untuk posisi tenaga kesehatan lainnya
  • Belum menikah, serta sanggup untuk tidak menikah selama masa tugas 6 bulan
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Pelamar bebas dari obat-obatan terlarang (narkoba)
  • Pelamar berkelakuan baik
  • Diwajibkan memiliki STR yang masih berlaku (Surat keterangan tidak berlaku untuk mengajukan pendaftaran)
  • Bersedia ditempatakan diseluruh wilayah sesuai dengan kebutuhan Kemenkes
File yang diupload saat pendaftaran :
  • Scan Ijazah
  • Scan STR
  • Scan KTP
  • Pas foto
  • Scan KK (Kartu Keluarga)
  • Sertifikat Pelatihan

Keterangan : Semua file yang diupload harus kurang dari 250 kb

TATA CARA PENDAFTARAN
Tata cara pendaftaran dapat didownload di link petunjuk pendafatan pada halaman login
Pendaftaran Nusantaran Sehat Tahun 2017


PENDAFTARAN :
Tanggal : 19 Desember 2016 s/d 18 Januari 2017
Alamat web : nusantarasehat.kemkes.go.id

Pendaftaran Nusantaran Sehat Tahun 2017

Info lebih lanjut via HALO KEMKES :
Telpon :(021)500567
Fax : 021-52921669

Untuk info selengkapnya silahkan kunjungi nusantarasehat.kemkes.go.id

Sekian informasi mengenai pendaftaran program Nusantara Sehat periode I tahun 2017. Bagi anda yang ingin mendaftar, jangan lupa untuk membagikan informasi ini kepada saudara atau teman anda lainnya. Karena sebuah informasi  lowongan kerja yang penting selayaknya dapat diketahui bersama-sama. Maka dari itu silahkan menyebarkan informasi ini kepada siapa saja yang membutuhkan. Jangan lupa cantumkan url website kami sebagai bentuk credit anda kepada kami. Nantikan info lowongan kerja terbaru lainya hanya di lokernas. Sekian dan terima kasih.