Pendaftaran Tamtama PK TNI AL Gel II TA 2020

Daftar Isi
Lokernas.com - Tentara Nasional Indonesia (TNI) merupakan garda terdepan dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari serangan musuh. Dalam menjaga kedaulatan negara, TNI terbagi menjadi tiga matra yakni Angkatan Darat, Angkatan Udara, dan Angkatan Laut.

Khusus di wilayah laut, TNI Angkata Laut terus berupaya menjaga keutuhan dan kedaulatan wilayah maritim Indonesia. TNI Angkatan Laut memiliki motto atau seruan yakni "Jalesveva Jayamahe" yang apabila diterjemahkan artinya "Di Lautan Kita Jaya". Motto ini seakan menjadi pelecut semangat TNI AL dalam setiap melaksanakan tugas menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI.

TNI Angkatan Laut juga memiliki prajurit-prajurit yang tangguh. Hal ini tidak lepas dari proses rekrutmen yang ketat serta pembentukan prajurit pada saat pendidikan.

Berkaitan dengan hal tersbut, pada kesempatan kali ini TNI Angkatan Laut membuka kesempatan kepada para putra terbaik bangsa untuk bergabung bersama TNI AL.

Dilansir dari halaman website resmi TNI AL tnial.mil.id pada menu pengumuman disebutkan bahwa TNI AL saat ini sedang membuka rekrutmen Tamata PK TNI AL Gelombang II TA 2020. Pendaftaran online  dibuka dari tanggal 1 Agustus 2020 sampai dengan 22 September 2020.

Untuk informasi selengkapnya, simak pengumumannya berikut ini.



PERSYARATAN
  1. WNI, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, setia kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
  2. Usia paling tinggi 22 tahun dan paling rendah 17 tahun 9 bulan pada waktu pembukaan Dikma pada tanggal 18 Desember 2020.
  3. Sehat jasmani dan rohani, berkelakuan baik, tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan dalam bentuk SKCK dari Poltes setempat.
  4. Lulus seleksi yang dilaksanakan Tim Panda Serta Panpus yang ditunjuk Kasal.
  5. Pria dengan tinggi badan minimal 163 cm dan berat badan seimbang.
  6. Berijazah paling rendah SMP sederajat.
  7. Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama mengikuti Dikma hingga dua tahun setelah selesai Dikma. 
  8. Bersedia menjalani ikatan dinas pertama (IDP) paling singkat lima tahun dan paling lama sepuluh tahun terhitung mulai saat dilantik menjadi kelasi dua/prajurit dua.
  9. Bersedia ditempatkan dan ditugaskan di seluruh wilayah NKRI.
  10. Bukan prajurit TNI, anggota Polri maupun PNS.
  11. Tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.
  12. Bebas dari narkoba dan dapat dibuktikan dengan surat keterangan dokter.
  13. Tidak memiliki tato/bekas tato dan tidak bertindik telinga ataupun anggota badan lainnya kecuali yang disebabkan oleh ketentuan adat, tidak buta warna dan tidak berkacamata/bersoftlens.
  14. Memiliki kartu BPJS atau kartu jaminan kesehatan dan sejenisnya.


LAIN-LAIN
  1. Jika ada, lampirkan sertifikat/piagam prestasi yang dimiliki.
  2. Seleksi tingkat daerah dilaksanakan ditempat pendaftaran sedangkan seleksi tingkat pusat dilaksanakan di Kantor Lapetal Malang.
  3. Bagi yang lulus seleksi tingkat daerah akan dikirim ke Lapetal Malang untuk mengikuti seleksi tingkat pusat dengan biaya negara.
  4.  Calon dinyatakan tidak lulus seleksi pusat akan dikembalikan ke daerah asal pendaftaran dengan biaya negera.
  5. Calon hanya dibenarkan mendaftar disatu tempat pendaftaran


CARA MENDAFTAR
  1. Calon mendaftar secara online melalui internet dengan mengakses alamat website : al.rekrutmen-tni.mil.id dengan mengisi formulir pendaftaran.
  2. Daftar ulang secara fisik dengan membawa cetakan formulir pendaftaran dan berkas asli, Akte Kelahiran, Ijazah (SD, SMP, SMA/MA/SMK), daftar nilai UAN (SD, SMP, SMA/MA/SMK), Pas photo hitam putih terbaru ukuran 4x6 sebanyak 2 lembar, 3x4 sebanyak satu lembar, KTP Calon, KTP Orang Tua, KTP Wali bagi yang tidak bertempat tinggal dengan orangtua, Kartu Keluarga (KK), SKCK, fotocopy berkas asli masing-masing satu lembar, serta dua buah stopmap warna merah.


Pendaftaran online : 1 Agustus s.d 22 September 2020
Daftar ulang : 1 s.d 22 September 2020
Alamat website : al.rekrutmen-tni.mil.id

Pendaftaran Tamtama PK TNI AL Gelombang II TA 2020