Seleksi Penerimaan Dosen Tetap Universitas Gadjah Mada Tahun 2021

Daftar Isi

Lokernas.com - Universitas Gadjah Mada (UGM) dikenal sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik dan tertua di Indonesia. Hingga saat ini UGM memiliki 18 fakultas dan 2 sekolah yang menyelenggarakan program sarjana, pascasarjana, profesi, spesialis, diploma, serta program internasional. UGM memiliki jati diri sebagai universitas nasional, universitas perjuangan, universitas pancasila, universitas kerakyatan, dan universitas pusat kebudayaan.

Mengutip laman sdm.ugm.ac.id pada (17/08/2021) diinformasikan bahwa saat ini Universitas Gadjah Mada (UGM) sedang membuka Seleksi Penerimaan Dosen Tetap Non-PNS di Lingkungan Universitas Gadjah Mada Tahun 2021. Pendaftaran dilakukan melalui sistem rekrutmen dengan tautan rekrutmen.sdm.ugm.ac.id. Sistem akan dibuka pada tanggal 17 Agustus 2021 pukul 10.00 WIB dan akan ditutup pada tanggal 17 September 2021 pukul 23.59 WIB. Untuk informasi selengkapnya, simak dibawah ini.

Seleksi Penerimaan Dosen Tetap Universitas Gadjah Mada Tahun 2021

Universitas Gadjah Mada (UGM) membuka kesempatan untuk berkarier menjadi Dosen Tetap Non-PNS di lingkungan Universitas Gadjah Mada tahun 2021. Adapun persyaratan dan tatacara pendaftaran adalah sebagai berikut :


I. PERSYARATAN UMUM

  1. Berkewarganegaraan Indonesia;
  2. Berusia maksimal 35 tahun 0 bulan 0 hari pada tanggal 1 November 2021 untuk pelamar dengan kualifikasi pendidikan Magister/Spesialis 1 dan berusia maksimal 50 tahun 0 bulan 0 hari pada tanggal 1 November 2021 untuk pelamar dengan kualifikasi Pendidikan Doktor/Spesialis 2.
  3. Memiliki kemampuan manajerial yang baik di bidang akademik dan sosial;
  4. Memiliki pendidikan paling rendah Magister/Spesialis 1 atau yang setara dari perguruan tinggi dalam negeri terkemuka (terakreditasi A) atau perguruan tinggi luar negeri yang diakui oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi;
  5. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) S1 minimal 3.00 (skala nilai 0-4);
  6. Sehat jasmani, sehat rohani, dan bebas narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya;
  7. Tidak pernah melakukan tindak pidana;
  8. Tidak terkait hubungan kerja dengan institusi/perguruan tinggi lainnya pada waktu dinyatakan diterima;
  9. Mendapat rekomendasi dari (dua) orang Dosen;
  10. Satu peserta hanya dapat mendaftar pada satu formasi;
  11. Persyaratan umum berubah jika diatur khusus dalam persyaratan tambahan.


II. PERSYARATAN KHUSUS UNTUK KUALIFIKASI PENDIDIKAN MAGISTER/ SPESIALIS 1

1. Memiliki skor TOEFL resmi ETS dengan nilai minimal 500 (PBT), 173 (CBT), 61 (IBT), atau IELTS minimal 6, atau AcEPT minimal 268; atau memiliki kemampuan bahasa asing yang linier dengan kebutuhan program studi dan termasuk dalam bahasa resmi Persatuan Bangsa Bangsa yang setara dengan skor TOEFL 500 (PBT) yang masih berlaku pada saat pendaftaran (maksimal 2 tahun sejak sertifikat dikeluarkan). Bagi lulusan perguruan tinggi yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar tidak dipersyaratkan TOEFL (melampirkan surat keterangan);

2. Memiliki nilai Tes Potensi Akademik yang dibuktikan dengan sertifikat yang masih berlaku pada saat pendaftaran (maksimal 2 tahun sejak sertifikat dikeluarkan) :

  • a. Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs)  yang diselenggarakan oleh UGM dengan skor minimal 550; atau
  • b. Tes Kompetensi Dasar Akademik (TKDA) yang diselenggarakan oleh UNPAD, UI, UNAIR, BAPPENAS, atau PLTI (HIMPSI) dengan skor minimal 550; atau
  • c. Graduate Record Examination (GRE) / Graduate Management Admission Test (GMAT)/Scholastic Assesment Test (SAT)/ Cognitive Abilities Test (CogAT)/ Law School Admission Test (LSAT) dengan skor minimal setara dengan skor PAPs/TKDA 550;

3. Membuat surat pernyataan kesanggupan apabila diterima  dan diangkat menjadi Dosen Tetap UGM segera melanjutkan studi Doktor/Spesialis 2 maksimal 3 (tiga) tahun sejak diangkat menjadi Dosen Tetap.

Pengumuman Selengkapnya :

Download Pengumuman [4.53 MB]

Pendaftaran dilakukan melalui sistem rekrutmen dengan tautan rekrutmen.sdm.ugm.ac.id

Sistem akan dibuka pada tanggal 17 Agustus 2021 pukul 10.00 WIB dan akan ditutup pada tanggal 17 September 2021 pukul 23.59 WIB.


Posting Komentar