Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekrutmen Bintara PK TNI AU

Lokernas.com - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara atau disingkat TNI AU merupakan tentara nasional Indonesia bertugas dan bertanggung jawab dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia khusus di wilayah udara. 

TNI AU dibentuk pada tanggal 9 April 1946 dan menjadi bagian dari Tentara Nasional Indonesi. TNI AU memiliki motto "Swa Bhuwana Paksa" dimana dalam bahasa Sansekerta berarti "Sayap Tanah Airku". TNI AU dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Udara (KASAU) yang menjadi peminpin tertinggi di Markas Besar Angkatan Udara (MABESAU). 

Visi : 

  • Terwujudnya postur TNI AU yang professional, efektif, efisien, modern, dinamis dan handal dalam rangka menegakkan serta mempertahankan kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Misi

  • Mewujudkan kemampuan dan kekuatan sistem, personel, material alutsista dan fasilitas untuk memenuhi postur TNI AU yang berkualitas agar siap untuk melaksanakan tugas dan fungsi.
  • Meningkatkan kemampuan penyelenggaraan fungsi-fungsi intelijen dan pengamanan dalam rangka melaksanakan tugas dan fungsi TNI AU.
  • Melaksanakan pembinaan kekuatan dan kemampuan dalam rangka pelaksanaan tugas TNI AU baik dalam Operasi Militer untuk Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP).
  • Melaksanakan kegiatan bantuan kemanusiaan dan bakti sosial dalam rangka membantu otoritas sipil untuk menciptakan suasana yang kondusif bagi terwujudnya keamanan dalam negeri dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.
  • Meningkatkan kerjasama militer dengan negara-negara sahabat dalam rangka menciptakan kondisi kemanan nasional, regional dan internasional serta untuk meningkatkan hubungan antar negara.
  • Melaksanakan penelitian dan pengembangan terhadap strategi dan sistem pertahanan, sumber daya manusia, serta kemampuan dan pendayagunaan industri strategis nasional untuk kepentingan pertahanan matra udara.
  • Meningkatkan pemberdayaan fungsi perencanaan, pengendalian dan pengawasan dilingkungan TNI AU melalui penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pernerintah.


Dikutip dari https://diajurit.tni-au.mil.id/ diinformasikan tentang Pendaftaran Bintara PK TNI AU Tahun Anggaran 2023 Gelombang I. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 16 Januari s.d 28 Februari 2023. Untuk informasi selengkapnya simak dibawah ini.

Rekrutmen Bintara PK TNI AU



Persyaratan Bintara PK 2023

  1. Pria/Wanita
  2. Berijazah SMA/MA jurusan IPA dan SMK untuk pria, SMA/MA/SMK untuk wanita.
  3. Lulusan SMA/MA dan SMK berusia paling rendah 17 tahun 9 bulan dan paling tinggi 22 tahun pada saat pembukaan Pendidikan.
  4. Sehat jasmani dan rohani.
  5. Tinggi badan sekurang-kurangnya bagi calon Bintara PK pria 163 cm, Bintara PK wanita 157 cm, dengan berat badan seimbang/ideal menurut ketentuan yang berlaku.
  6. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  7. Tidak bertatto/bekas tatto dan tidak diitindik/bekas tindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan adat.
  8. Tidak memiliki catatan kriminal yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian Republik Indonesia.
  9. Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama dalam Pendidikan Pertama.
  10. Bagi yang memiliki keterampilan khusus berbahasa asing (Rusia, Spanyol, Prancis, Mandarin, dan Inggris) serta prestasi minimal juara tingkat nasional dapat melampirkan sertifikat/piagam penghargaan.
  11. Mempunyai kartu BPJS/KIS/Kartu Jaminan Kesehatan dan Surat Keterangan Bebas Covid-19 dari rumah sakit setempat serta melampirkan Sertifikat Vaksin Covid-19.
  12. Selama Proses Rekrutmen, Tidak Dipungut Biaya.



Alur Pendaftaran

  1. Buat akun baru di website : https://diajurit.tni-au.mil.id/register
  2. Masukan Nama Lengkap, Email, Tanggal Lahir, Jenis Kelamin, Jenjang, dan Lanud tujuan
  3. Lanjutkan login di website : https://diajurit.tni-au.mil.id/login_auth
  4. Login menggunakan Username dan Password yang sudah di verifikasi lewat Email
  5. Lengkapi Biodata (Data Pribadi, Data Pendidikan, Data orangtua/wali, Data penghargaan)
  6. Cetak Kartu Daftar Online
  7. Download Kartu Daftar Online dalam bentuk PDF lalu cetak.
  8. Daftar ulang ke Lanud tujuan
  9. Lakukan pendaftaran ulang ke Lanud tujuan dengan membawa persyaratan yang tertera di Kartu Daftar Online
  10. Selesai



Pengumuman Lengkap :



Link Pendaftaran :

Periode Pendaftaran :
16 Januari s.d 1 Maret 2023