Lowongan Kerja PT Pegadaian

Daftar Isi

Lokernas.com - Sebagai perusahaan milik negara, Pegadaian memiliki sejarah panjang yang dimulai pada abad ke-18 ketika Vereenigde Oost Indische Companies (VOC), mendirikan Bank Van Leening, lembaga kredit yang berbasis pada sistem gadai. Kemudian pemerintah Belanda menerbitkan Staadsblad no 131 tanggal 12 Maret 1901 yang pada dasarnya mengatur bahwa pendirian pegadaian dikuasai monopoli oleh pemerintah dan hanya pemerintah yang menjalankan bisnis semacam itu. Sesuai dengan undang-undang ini, pegadaian negara pertama didirikan di Sukabumi (Jawa Barat) pada 1 April 1901. Oleh karena itu, setiap 1 April merupakan hari jadi Pegadaian.

Saat ini, Pegadaian telah bertransformasi menjadi entitas bisnis yang tidak hanya memberikan pinjaman berdasarkan gadai tetapi juga bisnis lain yang menguntungkan. Hingga akhir tahun 2020, terdapat lebih dari 4000 cabang Pegadaian yang tersebar di seluruh kepulauan Indonesia. Logo Pegadaian adalah timbangan keadilan. Motto Pegadaian adalah 'mengatasi masalah tanpa masalah'. Pegadaian memiliki lebih dari 1,6 juta pelanggan dan lebih dari 14.000 karyawan. Sebagai perusahaan milik negara, selain berperan sebagai entitas bisnis, Pegadaian juga memiliki kewajiban untuk mendukung program pemerintah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat kelas menengah hingga rendah melalui kegiatan utama distribusi kredit gadai. Kegiatan ini membuat Pegadaian menjadi entitas bisnis yang unik. Model konvensional Pegadaian telah beroperasi sejak tahun 1901. Kantor cabang pertama berada di Sukabumi, Jawa Barat.

Sejak tahun 2018, Pegadaian bertransformasi menjadi Perusahaan Keuangan Digital. Perjalanan transformasi Pegadaian, yang saat ini berusia + 2 tahun, dirasakan telah memberikan kontribusi besar bagi Pegadaian, baik dalam hal kerjasama bisnis dengan perusahaan fintech, perubahan pola pikir, perubahan metode kerja, maupun perbaikan dalam tata kelola organisasi yang tidak hanya sesuai dengan standar yang berlaku tetapi juga mengarah pada penciptaan organisasi yang tangkas.

Lowongan Kerja PT Pegadaian

Dikutip dari pegadaian.co.id/karir diinfokan PT Pegadaian sedang membuka lowongan kerja untuk posisi Enterprise Architecture sebanyak 1 orang.  Kualifikasi pelamar antara lain pendidikan minimal S1 di bidang Teknologi Informasi atau yang sederajat, memiliki pengalaman kerja di bidang system architecture atau Enterprise Architecture minimal 5 tahun, dan lain-lain. Detail lowongan kerja PT Pegadaian selengkapnya simak di bawah ini.


Enterprise Architecture  
Deskripsi Pekerjaan :

  • Bekerjasama dengan tim manajemen proyek untuk monitoring progress inisiatif strategis.
  • Melakukan evaluasi aristektur sistem dan berkolaborasi dengan management proyek dan tim pengembangan TI untuk meningkatkan arsitektur
  • Mengevaluasi kendala proyek untuk menemukan alternatif, mengurangi resiko dan melakukan rekayasa ulang proses jika diperlukan.
  • Menganalisis dampak bisnis yang mungkin dimiliki pilihan teknis tertentu pada proses bisnis klien
  • Melakukan penelitian secara individu, menafsirkan dokumen teknis, menarik kesimpulan yang valid, mengembangkan solusi teknologi, mengambil tindakan yag tepat dan membuat rekomendasi yang sesuai terkait dengan masalah TI yang kompleks
  • Mengidentifikasi peluang untuk peningkatan teknologi berdasarkan data benchmark dan melakukan analisa manfaat biaya tingkat tinggi.
  • Meninjau dan mengawasi aktivitas diagnosis dan penilaian teknologi serta komponen desain.
  • Mengarahkan kegiatan penyusunan dan Updating IT enterprise architecture yang menjadi standard organisasi.


Kualifikasi Minimum

  • Pendidikan minimal S1 di bidang Teknologi Informasi atau yang sederajat.
  • Memiliki pengalaman bekerja di bidang system architecture atau Enterprise Architecture minimal 5 tahun.
  • Memiliki pemahaman dan pengalaman dalam membuat desain arsitektur aplikasi
  • Memahami dan mampu mengimplementasikan IT Masterplan dan IT Strategic planning.
  • Mampu membuat desain arsitektur menggunakan tools Enterprise Architecture.
  • Mampu melakukan analisan dan perhitungan capacity planning.
  • Memiliki kemampuan komunikasi dan analisa yang baik dalam mengintegrasikan kebutuhan bisnis dan teknologi.
  • Mampu bekerja dalam tim dan berkoordinasi dengan pihak Internal dan eksternal.


Batas akhir apply lamaran pekerjaan sampai dengan tanggal 12 November 2023.


Link Pendaftaran :
DAFTAR


Perhatian :

  • PT Pegadaian menghimbau kepada calon pelamar pekerjaan untuk berhati-hati dan waspada terhadap tindakan penipuan terkait rekrutmen.
  • PT Pegadaian tidak melakukan pungutan dalam bentuk apapun, menjanjikan pengembalian dana akomodasi, transportasi, konsumsi dan sebagainya.
  • Follow Telegram Lokernas - t.me/lokernastelegram