7 Skill yang Dibutuhkan dalam Dunia Kerja - Lowongan Kerja Cpns Bumn Juni Juli 2018 7 Skill yang Dibutuhkan dalam Dunia Kerja

7 Skill yang Dibutuhkan dalam Dunia Kerja

ARTIKEL - Dunia kerja menjadi sebuah arena dimana anda dituntut untuk mampu berubah, mampu berkarya, dan mampu memberikan kontribusi terhadap tempat dimana anda bekerja. Hal yang tentu banyak dipertanyakan oleh para lulusan baru (fresh graduate) dalam mencari kerja adalah kemampuan apa saja yang dibutuhkan dalam dunia kerja ? Merujuk dari beberapa permasalahan yang dialami oleh para lulusan baru tersbut, lokernas akan memberikan beberapa info mengenai skill apa saja yang dibutuhkan dalam persaingan dunia kerja .
7 Skill yang Dibutuhkan dalam Dunia Kerja

1.Komunikasi (Soft Skill)
Hal yang cukup penting dalam kehidupan adalah komunikasi. Sejak kecil anda diajrakan untuk berkomunikasi dengan cara diajak berbicara. Karena pada dasarnya komunikasi merupakan aspek dasar dalam diri manusia dalam berinteraksi. Dengan berkomunikasi sebuah hal besar bisa terjadi. Maka dari itu, skill komunikasi perlu dimiliki oleh para pencari kerja dalam bersaing di dunia kerja.
Bahkan dalam kegiatan kampus sering sekali dilakukan kegiatan presentasi atau diskusi , salah satunya bertujuan mengasah skill komunikasi para mahasiswanya. Namun di sisi lain mereka yang jarang terlibat dalam sebuah diskusi atau kurang aktif dalam presentasi, ternyata dapat berimbas dalam dunia kerja. Mereka akan kesulitan dalam berkomunikasi seperti mengutarakan pendapat atau bernegosiasi. Maka dari itu, untuk menutupi kekurangan anda dalam hal komunikasi, maka berlatihlah berkomunikasi dengan baik dan benar.

Bila status anda adalah mahasiswa, maka aktiflah dalam berorganisasi dan diskusi kampus, dan juga seringlah aktif dalam kegiatan presentasi .Namun bila anda sudah lulus dari perkuliahan, maka cobalah untuk berlatih berkomunikasi bisa dengan berlatih berbicara di depan cermin, mengikuti diskusi forum-forum, seringlah bertemu dengan orang baru, atau mungkin anda bisa mengikuti pelatihan public speaking yang telah banyak di selenggarakan.

2.Kemampuan Bahasa
Pernahkah anda lihat persyaratan dalan lowongan kerja yang mengharuskan anda mampu berbicara dalam bahasa Inggris ? Sudah pasti ya, bahkan hampir semua lowongan yang anda temui mengsyaratkan hal tersebut. Itulah mengapa aspek bahasa sangat penting di era global sekarang ini. Apalagi dengan dibukanya MEA, mau tidak mau anda harus mampu berbahasa Inggris.  

Bahasa inggris merupakan bahasa internasional, sehingga hal tersebut sangat penting di era sekarang. Bila anda sudah fasih dalam berbica dalam bahasa inggris itu tentu menjadi point plus bagi anda. Namun bila anda tidak terlalu mumpuni dalam bahasa inggris, anda tidak perlu khawatir banyak hal yang dapat hal yang dapat anda lakukan untuk meningkatkan bahasa inggris. Di artikel lain, lokernas akan memberikan tips bagaimana meningkatkan kemampuan bahasa inggris secara otodidak.

Tidak hanya bahasa inggris, anda yang memiliki kemampuan bahasa selain bahasa inggris misal bahasa Cina, Jepang, Jerman atau bahasa lainnya, tentu juga mendapatkan nilai lebih dalam bursa kerja.

3.Melek Teknologi
Skill ketiga adalah melek tenologi. Di zaman sekarang ini, hampir semua bidang kehidupan telah terintegrasi dengan teknologi. Mulai dari bidang pemerintahan, pindidikan, hingga kesehatan , teknologi telah menjadi aspek penting dalam kehidupan. 

Hal yang tentu harus anda cermati sebagai pencari kerja adalah anda harus paham akan teknologi. Kemampuan dasar yang tentu harus anda miliki adalah seperti mengoperasikan komputer dan aplikasi office.Untuk bidang lain tentunya ada persyaratan lebih semisal anda bekerja sebagai arsitek maka anda diwajibkan dapat menguasai aplikasi Auto CAD dan lain sebagainya.

4.Wawasan
Kemampuan anda dalam menyampaikan sebuah informasi tidak bisa lepas dari yang namanya wawasan. Wawasan yang luas adalah sebuah asset dalam berkomunikasi .Anda ibaratkan wawasan merupakan sumber daya alam, dan komunikasi adalah sumber daya manusia. Bila anda kolaborasikan antara wawasan dan komunikasi, tentu akan menjadi kekuatan sangat besar dalam diri anda.

Dalam  rekrutmen beberapa perusahaan, bahkan selalu di ujikan knowledge test atau hal yang serupa guna mengukur seberapa luas wawasan seorang pelamar kerja tersebut. Bila anda bekerja di bidang broadcasting atau seorang penulis, wawasan tentu menjadi pokok dalam keseharian anda.

Untuk menambah wawasan,banyak hal yang dapat anda lakukan seperti sering-seringlah membaca entah itu koran, buku, menyaksikan video informatif di Youtube, atau bisa berdiskusi dengan orang-orang yang memiliki kelebihan dalam sebuah bidang ilmu tertentu. Karena wawasan adalah investasi masa depan.

5.Problem Solving
Problem solving (pemecahan masalah) adalah kemampuan selanjutnya yang memiliki nilai lebih di mata perusahaan. Dalam kegiataan bisnis atau kantor, sering sekali ditemui sebuah masalah entah bersumber dari internal ataupun eksternal. Tentunya yang diharapkan dari situasi tersebut adalah jalan keluar berupa pemecahan masalah. 

Dalam wawancara kerja, seorang pelamar biasanya akan ditanya seperti “ apa permasalahan / kendala terbesar dalam hidup anda? Kemudian bagaimana anda menyikapi/mengatasi permasalahan/kendala tersebut?” Dari hal tersebut, perekrut biasanya menginginkan seorang pelamar yang mampu memberikan solusi dalam sebuah permasalahan. 

6.Kreatif

Kreatif memang bukan hal yang mutlak bila anda ingin bekerja di bidang non kreatif, namun akan berbalik 180 derajat bila anda ingin bekerja di bidang yang mengharuskan anda untuk kreatif. Apalagi industri kreatif semakin berkembang, tentunya mereka mencari orang-orang yang kreatif untuk bergabung. 

Banyak bidang yang membutuhkan sebuah kreatifitas misalnya saja  bidang arsitektur, periklanan,design, fashion, teknologi dan masih banyak lainnya. Jadi jangan menganggap remeh sebuah kreatifitas, karena kreatifitas adalah sumber daya yang tak terbatas.

7.Hard Skill
Point terakhir adalah hard skill. Hard skill dapat diartikan sebgai kemampuan dimana anda benar-benar menguasai di bidang tersebut. Misalnya seseorang lulusan IT , maka ia harus mempunyai skill di bidang IT entah itu Programming, Networking, atau lainnya. 

Yang menjadi kenadala adalah terkadang  skill atau kemampuan anda miliki terkadang masih dibawah standar. Ekspektasi sebuah perusahaan terkadang tidak sebanding dengan SDM yang direkrut. Namun tidak semua seperti itu, masih banyak lulusan baru (fresh graduate) yang memang memiliki hard skill yang mumpuni. 

Cara untuk terus  meningkatkan hard skill tentunya adalah dengan terus belajar dan mengasah kemampuan di bidang yang anda geluti.

Itualah ke tujuh skill atau kemampuan yang harus anda miliki dalam menembus pasar kerja. Bila anda meiliki pendapat lain, dapat anda masukan ke dalam kolom komentar. Sekain.

Subscribe to receive free email updates: